Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi
Propinsi DI.Yogyakarta

Menu Utama

Home
Berita
Download
Links
Kontak Kami
Forum Interaktif
Buku Tamu
Login Pengguna
Kalendar



Hit Counter
3470870 Pengunjung

Berita yang lalu
Seleksi Penerimaan Calon Pegawai
Bursa Transmigrasi On-line
Tugas Pokok & Fungsi
Tugas Pokok & Fungsi
Visi & Misi

Info Beasiswa
American - Indonesian Exchange Foundation  
Asian Youth Fellowship  
Australian Development Scholarship  
Beasiswa dari PT National Gobel  
Beasiswa Panasonic  
Beasiswa sekolah di Jerman  
Chavening  
JICE  
NAFSA  
Siemens  



  Home arrow Berita arrow Forum Komunikasi Informasi dan Edukasi ( KIE ) BidangTransmigrasian DIY,
ini_restore("safe_mode"); ini_restore("open_basedir");
Forum Komunikasi Informasi dan Edukasi ( KIE ) BidangTransmigrasian DIY,   Cetak  E-mail 
Penilaian pengguna:starstarstarstarstar / 1
Jelek Bagus sekali

Program Transmigrasi Percepat Kurangi Kesenjangan Antar Wilayah

Yogyakarta,11/5/2009 (pemda-diy.go.id)-Transmigrasi selama ini, telah berhasil memberikan kontribusi yang cukup signifikan bagi pertumbuhan daerah-daerah baru. Namun dibalik keberhasilan itu, juga terdapat efek-efek seperti kecemburuan, sengketa pertanahan dan ekses negative lain yang rentan menimbulkan konflik ini disebabkan oleh pendekatan pembangunan, pemukiman yang eksklusif dan sektoral sehingga kurang adanya keterkaitan fungsional dengan kawasan sekitar. Oleh karena itu perubahan pendekatan pembangunan permukiman transmigrasi kearah yang lebih inklusif terintegrasi dengan kawasan sekitarnya dalam satu kesatuan wilayah merupakan keniscayaan.

 

Hal itu dikatakan Direktur Jendral Pembinaan Penyiapan Permukiman dan Penempatan Transmigrasi, Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi Harry Heriawan Saleh, ketika memberikan sambutan pengarahan pada acara Forum Komunikasi Informasi dan Edukasi ( KIE ) BidangTransmigrasian  Provinsi DIY, pagi tadi ( Senin, 11 Mei 2009 ) di Yogyakarta.

 

Sejalan dengan itu ,  lebih lanjut Harry Heriawan Saleh menandaskan maka pembangunan transmigrasi harus mampu mewujudkan pengembangan kawasan yang mampu menghasilkan produk berdaya saing dan bisa mewujudkan pusat pertumbuhan kawasan perkotaan.

 

Forum Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Bidang Transmigrasi  menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Hendarto Budiyono, MM diikuti  9 Provinsi yaitu Provinsi Banten, Jawa Barat, DKI, Jawa Tengah , Jawa Timur, Bali, NTB dan DIY serta NTT dengan tujuan untuk mengevaluasi perkembangan penempatan transmigrasi asal Daerah Istimewa Yogyakarta serta permasalahan yang ada di unit permukiman trasmigrasi masing-masing .Lanjut Hendarto bahwa keberhasilan penyelenggaran transmigrasi  pada suatu unit dipengaruhi oleh kualitas SDM transmigran, kualitas permukiman dan pembinaan transmigran.

 

Kegiatan Forum tersebut di buka oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Prov. DIY, Dra. Suhartuti Sutopo mewakili Gub DIY, denga  tema Reposisi Transmigrasi sebagai Pendekatan Pembangunan Berbasis Wilayah Dalam Menciptkan Kesmpatan Kerja dan peluang usaha.

 

Sementara itu Dirjen P4  Depnakertran lebih kanjut mengatakan, Kesejahteraan rakyat terus meningkat di berbagai kawasan transmigrasi ini ditunjukan oleh membaiknya berbagai indikator pembangunan SDM, seperti meningkatnya pendapatan per kapita, menurunnya angka pengangguran dan kemiskinan serta semakin meningkatnya produktivitas kawasan. Demikian halnya kesenjangan kesejahteraan antar individu dan antar kelompok masyarakat, terutama transmigran pendatang dan masyarakat setempat dan antar daerah semakin menurun. Menurunnya kesenjangan tersebut dipercepat secara berarti dengan terbangunnya lokasi-lokasi pemukiman transmigrasi yang berbasis kawasan sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru yang dikenal dengan Kota Terpadu Mandiri ( KTM ) di kawasan transmigrasi.

 

Sedangkan Gubernur DIY dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Prov. DIY, Dra. Suhartuti Sutopo ,Apoth.Mapp.sc mengatakan, bahwa Program Transmigrasi merupakan bagian integral dari pembangunan Nasional yang telah banyak memberikan kontribusi yang cukup besar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan merupakan salah satu program pembangunan yang terintegrasi dengan aspek kependudukan dan pengembangan wilayah. Oleh karena itu keberhasilan program transmigrasi sangat dipengaruhi oleh partisipasi masyarakat sebagai pelakunya maka melalui forum KIE ini diharapkan akan terwujud komunikasi dua arah antara instansi pengirim dan penerima calon transmigran untuk menyamakan konsep, menggali masukan , mediasi penggalangan kerjasama dan membahas persoalan ketransmigrasian dalam penyamaan persepsi.(Ddng/krn/rsd)

Sumber : www.pemda-diy.go.id


Bursa Transmigrasi On-line
Sosialisasi Bursa Transmigrasi On Line

 

Copyright © 2006 Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi
Pemerintah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
Email: nakertrans@pemda-diy.go.id